UPDATE

OPINI

CIREBON

INDRAMAYU

Pilpres 2014, Catatan Saya


Berbeda dengan pemilihan legislatif surat panggilan, sampai pagi tadi belum ada beritanya. Kebetulan sempat melongok lewat internet dengan memasukkan NIK di website KPU dan diperoleh no TPS tempat harus mencoblos di kelurahan Pasar Baru Jakarta Pusat. Semula, niat awal adalah mencari Pak RT untuk mengambil surat, namun lebih dulu jam 8 pagi, saya singgah di kantor kelurahan dan menemukan no urut di TPS 1 yaitu 563, dengan bekal itu saya langsung menuju TPS dan bertanya, dapatkah saya memilih? Ternyata pada petugas, (KPPS) terdapat cukup banyak surat panggilan yang tak tersampaikan karena pemilih tidak di tempat (katanya) saat surat diantar. Saya menerima surat, hanya kejepret sedikit, dan menyerahkan pada petugas lain di meja lain, sekitar 20 menit kemudian dipanggil dan melakukan kewajiban sebagai warga negara, memilih pemimpin negara ini dengan bangga, dan tanggung jawab.

Sementara menunggu saat penghitungan suara, saya mengamati, kehadiran warga di TPS 1. Pada TPS ini, jumlah surat suara disediakan 795, warga terdaftar tetap 779 (dari DPT, yang tertempel). Dari kedatangan hingga tutup TPS pukul 13.00, jumlah pemilih yang melaksanakan hak dan kewajiban adalah 521 orang. Bahkan ada pemilih yang sudah harus dituntun 2 orang, namun tetap masuk bilik suara dan mencoblos. Pantas diapresiasi.

Catatan penghitungan suara:

1. Penghitungan suara dimulai pada pukul 13.40, Saksi dari calon no 1 seorang bapak dan saksi dari calon no 2 seorang wanita muda berjilbab (cantik lho, menurut saya). Warga setempat terlihat antusias menyaksikan penghitungan suara. Suara pertama terbaca adalah Prabowo. Namun suara kedua adalah Jokowi.

2. Saat penghitungan suara terlihat 2 orang petugas polri berjaga-jaga, namun tidak menetap. Mereka melakukan pemantauan di 4 TPS. Menurut Bapak Joko, petugas Polri tersebut, 2 orang bertanggung jawab atas keamanan 4 TPS. Jadi mereka mobile.

3. Ada 2 orang dari Malaysia, lengkap dengan kamera ikut menyaksikan proses penghitungan suara. Mereka mengaku datang khusus untuk memantau pilpres ini. Keduanya mengaku dari media, dan menyebutkan nama medianya, namun sayangnya, tidak tercatat karena saya tidak membawa kertas. (pena ada, tapi kertasnya cuma nemu kecil sekali, jadi ngga sempat mencatat) Mereka menyatakan bukan hanya Indonesia, namun di negara lainpun mereka juga meliput pilpres, jika ditugaskan.

4. Ada 3 surat suara tidak sah karena tercoblos di 2 kotak dan 1 surat suara tidak tercoblos, sehingga total suara sah adalah 517. Terlihat ada 3 surat suara yang unik, karena pencoblosannya nyaris bolong di wajah capresnya, sayang tak sempat terfoto. Kata saya, segitu bencinya sampai dibolongin kayak gitu. Kata warga, segitu semangatnya pengen memenangkan presiden pilihannya.

5. Pada penghitungan dengan talley, awalnya terlihat hasil adalah 177, 342, 4 tidak sah, ini menunjukkan ketidak sesuaian antara surat suara terpakai dengan jumlah suara terhitung. Sehingga dilakukan penghitungan ulang dengan manual. Surat suara yang dipisahkan antara no 1 dan 2 memudahkan sehingga hasil akhir diperoleh 176, 341 dan 4 tidak sah. Terlihat juga di mata saya petugas yang menghitung kurang menguasai matematika, sehingga saya sempat membetulkan beberapa kali, sambil memotret dan tertawa  juga.

6. Pihak saksi Prabowo, di TPS 1 tidak menyatakan keberatan atas hasil yang diperoleh di TPS 1. Dalam percakapan di depan kantor kelurahan (saya mengikuti sampai kantor kelurahan karena jarak dari TPS ke kantor kelurahan hanya sekitar 50 langkah, sekalian pulang ke kost), saksi sempat mengatakan, “Jelaslah Jokowi menang di Pasar Baru, lha penghuni Pasar Baru kan China dan Bombay…”  Memang, di Pasar Baru kemenangan Jokowi cukup telak dari beberapa TPS yang selesai hitung lebih dulu. Saksi dari Jokowi sendiri saat ditanyai, kenapa memilih Jokowi, mengatakan bahwa, “Jokowi tidak membedakan mbak, mau yang miskin dan kaya.” (Kompasiana)
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Ridwan Fariduddin
Powered by KLIK MEDIA